Bidang Kurikulum
PROGRAM KERJA WAKIL KEPALA MADRASAH BIDANG KURIKULUM TAHUN 2023/2024
KATA PENGANTAR
Segala puji syukur kehadirat Allah SWT dengan berkatnya kita dapat menyelesaikan penyusunan Program Kerja dan Rencana Kerja Wakil Kepala Sekolah untuk tahun pelajaran 2023/20240.
Tugas dan Fungsi Wakil Kepala Sekolah adalah; (1) menjabarkan kurikulum menjadi program operasional pembelajaran di sekolah melalui analisis kurikulum, sinkronisasi, menetapkan kurikulum validasi; (2) menetapkan program pembelajaran, jadwal kegiatan, pembagian tugas mengajar, jadwal pelajaran dan bahan ajar; (3) mengorganisasi/ mengkoordinasi kbm baik normatif, adaptif maupun produktif yang terdiri dari : persiapan KBM, pelaksanaan KBM, evaluasi hasil belajar, analisis hasil evaluasi belajar, perbaikan dan pengayaan; (4) mengelola administrasi pendidikan/ pengajaran; dan (5) merencanakan dan menyusun program pengembangan kurikulum.
Tujuan penyusunan Program Kerja dan Rencana Kerja ini tidak lain adalah sebagai acuan dan pedoman yang harus dikerjakan oleh Wakil Kepala Sekolah selama tahun pelajaran 2023/2024 Mudah-mudahan dengan adanya Program Kerja ini akan meningkatkan kinerja, sesuai dengan Visi dan Misi MTs Negeri 30 Jakarta
Penyusun menyadari bahwa Program Kerja dan Rencana Kerja ini masih belum sempurna dari harapan, oleh karena itu Penyusun mengharapkan saran dan kritikan yang bersipat membangun dari semua pihak untuk perbaikan Program Kerja ini pada masa-masa yang akan datang.
Jakarta, April 2023
Wakil Kepala Sekolah
Ufi Izmah Ismiyati,S.Pd
NIP. 197907172005012006
PROGRAM KERJA WAKIL KEPALA SEKOLAH
BIDANG KURIKULUM
A. Sasaran Mutu Wakil Kepala Madrasah(WKM) Bidang Kurikulum
Sasaran mutu WKM Bidang Kurikulum MTs Negeri 30 Jakarta pada tahun pelajaran 2023/2024 adalah :
- 91 % – 100% guru mengembangkan perangkat pembelajaran pada kompetensi pengetahuan sesuai dengan tingkat kompetensi sesuai dengan muatan dalam kurikulum merdeka
- 91 % – 100% guru mengembangkan perangkat pembelajaran pada kompetensi ketrampilan sesuai dengan tingkat kompetensi sesuai dengan muatan kurikulum merdeka
- 91% – 100% guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai karakteristik peserta didik dan mata pelajaran
- Peserta Didik memiliki ketrampilan bertindak secara mandiri, kolaboratif, dan komunikatif dalam menampilkan kinerja mandiri dengan pengawasan langsung atasan berdasarkan kuantitas, kualitas terukur sesuai standar kompetensi kerja, dan dapat diberikan tugas membimbing orang lain yang diperoleh dari pengalaman belajar dan kegiatan lain
- Sekolah memiliki struktur organisasi yang lengkap dan efektif sesuai dengan ketentuan, melalui langkah berikut:
1) diputuskan,
2) ditetapkan,
3) disosialisasikan,
4) disahkan
- Peserta Didik mengikuti berbagai ujian :
1) Formative dan summative,
2) Assesment Madrasah
3) Ujian Praktek
4) ANBK
- Guru melakukan penilaian proses dan hasil belajar dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1) menetapkan tujuan penilaian,
2) menyusun kisi-kisi ujian,
3) mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian,
4) melakukan analisis kualitas instrumen,
5) melaksanakan penilaian,
6) melaporkan,
7) memanfaatkan hasil penilaian
B. Sasaran Kerja Bidang Kurikulum
Untuk mencapai sasaran mutu WKM Bidang Kurikulum dan dalam rangka fokus pada ketercapaian tujuan maka pada tahun pelajaran 2023/2024 menetapkan sasaran kerja bidang kurikulum adalah sebagai berikut :
- Pemetaan atau pembagian rombongan belajar bagi peserta didik baru tahun pelajaran 2023//2024 dengan mengelompokan mejadi kelas pengayaan tahfidz, pengayaan matematika, pengayaan IPA, pengayaan IPS, Pengayaan Bahasa Inggris dan Pengayaan research
- Menyusun Jadwal Pelajaran TP 2023/2024
- Memastikan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian hasil pembelajaran sesuai dengan prinsip pembelajaran kurikulum merdeka, melalui kegiatan perencanaan, monitoring dan supervisi akademis.
- Merencanakan dan melaksanakan penilaian tingkat satuan pendidikan (PTS, PAS, ANBK, Ujian praktek, Asesmen Madrasah)
- Memastikan kegiatan/ program literasi dapat berjalan dengan baik.
- Menyusun dan mereview kembali Standar Operasional Prosedure (SOP) dan atau Juknis yang ada di Bidang Kurikulum agar diperoleh SOP yang implementatif.
- Meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru dalam menyusun soal High Order Thinking Skill (HOTS) melalui kegiatan bimbingan teknis atau optimalisasi peran MGMP tingkat sekolah.
- Merencanakan dan melaksanakan pengembangan kurikulum merdeka
- 100 % Peserta didik kelas IX Tahun Pelajaran 2023/2024 lulus dari MTs Negeri 30 Jakarta
- Banyak siswa diterima di sekolah Unggulan di seluruh wilayah Indonesai
- Menyusun Kurikulum merdeka MTs Negeri 30 Jakarta Tahun Pelajaran 2023/2024 dan memastikan bahwa dokumen tersebut telah ditandatangani Kepala Sekolah ditetapkan oleh ketua komite Sekolah dan kemenag
C. Program Kerja Bidang Kurikulum
Program kerja bidang kurikulum merupakan uraian kerja, tujuan, Indikator ketercapaian, dan unsur yang terlibat dalam kegiatan yang direncanakan oleh bidang kurikulum MTs Negeri 30 Jakarta. Dasar penyusunan program kerja bidang kurikulum adalah sasaran mutu, dan sasaran kerja, serta rencana kerja tahunan Mts Negeri 30 Jakarta. Adapun Program Kerja Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum MTs Negeri 30 Jakarta Tahun 2023/2024 adalah seperti pada tabel berikut dibawah ini :
Aapun ruang lingkup program kerja urusan kurikulum meliputi hal-hal berikut ini.
- Penyiapan Perangkat pembelajaran sesuai dengan kurikulum merdeka
- Penyusunan Jadwal Tugas Mengajar dan Tugas Khusus
- Menyusun program pembelajaran (administrasi guru)
- Peningkatan kualitas SDM
- Pelaksanaan pengembangan pembelajaran berbasis ICT
- Menyusun program MGMP/MGMPS
- Melaksanakan Supervisi/kunjungan kelas guru
- Melaksanakan evaluasi hasil belajar
- Melaksanakan remedial/pengayaan
- Pelaksanaan Summative tengah semester
- Pembuatan laporan hasil belajar
- Kegiatan Tengah Semester (KTS)
- Pelaksanaan Pelajaran Tambahan kelas IX
- Melaksanakan Sensus Siswa Kelas VII dan VIII
- Melaksanakan Nominasi Siswa Kelas IX
- Melaksanakan kegiatan pelatiahan literasi dan numerasi
- Melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS)
- Sosialisasi Ujian Nasional
- Melaksanakan Ujian Sekolah (US)
- Ujian Praktik
- Melaksanakan Asesmen Madrasah
- Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas IX
- Pembagian Ijazah dan SKHU
- Pelaksanaan kenaikan kelas VII dan VIII
- Kegiatan pendukung kompetesi pada kelas pengayaan
NO | NAMA KEGIATAN | URAIAN KEGIATAN | TUJUAN KEGIATAN | INDIKATOR KETERCAPAIAN | UNSUR YANG TERLIBAT | PENANGGUNG JAWAB | WAKTU | Dana |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Pengembangan Kurikulum MTs Negeri 30 Jakarta | a. Rapat evaluasi implementasi kurikulum merdeka dan penyusunan draft K13 oleh Tim Pengembang Kurikulum b. Workshop Review draft Kurikulum merdeka TP 2023/2024 c. Finalisasi Dokumen Kurikulum MTs Negeri 30 Jakarta TP 2023//2024 | a. Mengembangkan kurikulum merdeka berdasarkan b. Menyelaraskan kurikulum merdeka sesuai dengan peraturan terbaru c. Menyelaraskan kompetensi dasar, IPK, atau materi pembelajaran d. Mengesahkan dokumen kurikulum merdeka yang telah direview oleh tim | a. Tersusunnya Draft Dokumen merdeka b. Tersusunnya Kurikulum yang sesuai dengan POS dan peraturan yang berlaku c. Tersusunnya Kurikulum yang selaras dengan Industri d. Adanya Dokumen kurikulum merdeka ang telah ditanda tangani Kepala Sekolah, ditetapkan Komite Sekolah, dan Disahkan/divalidasi oleh Kepala kantor kemenag | Tim Pengembang kurikulum merdeka | Kepala Sekolah | Juni 2023 | |
2 | Penyusunan Peraturan Akademik | Rapat penyusunan peraturan Akademik MTs Negeri 30 Jakarta | Untuk mewujudkan Peraturan Akademik yang implementatif dan dipedomani seluruh warga MTs Negeri 30 Jakarta | Tersusunnya Peraturan Akademik MTs Negeri 30 Jakarta | Unsur pimpinan dan staff | WKM | Juni 2023 | |
3 | Penyusunan Program Kerja Kurikulum | Rapat koordininasi bersama staff untuk penyusunan program kerja | Untuk menyusun program kerja yang sesuai dengan sasaran kerja dan mutu bidang kurikulum | Tersusunnya program kerja WKM bidang kurikulum MTs Negeri 30 TA 2023/2024 | Unsur pimpinana dan staff | WKM | Juni 2023 | |
4 | Pembagian siswa sesuai dengan kelas pengayaan berdasarkan nilai rapot dan rekomendasi guru mapel | -Merekap leger siswa -Menganalisi nilai siswa sesuai dengan nilai siswa -Distribusi siswa sesuai dengan nilai rapot dan rekomendasi guru | Pengelompokan siswa sesuai dengan kemampuan dibidangnya masing-masing | Tersususnya kelompok belajar siswa yang sudah mewakili sesuai dengan data dan rekomendasi guru mapel | WKM dan staff | WKM | Juni 2023 | |
5 | Pembagian Tugas Mengajar Guru | Rapat penyusunan pembagian tugas mengajar guru TP 2023/2024 | Untuk menyusun pembagian tugas mengajar guru | Tersusunnya Beban Mengajar Guru yang sesuai dengan peraturan yang berlaku | Unsur pimpinan | WKM | Juni 2023 | |
6 | Penyusunan Jadwal Pelajaran Semester ganjil | Rapat penyusunan jadwal pelajaran semester genap TP 2023/2024 | Untuk menyusun jadwal pelajaran semester genap TP 2023/2024 | Tersusunnya Jadwal Pelajaran semester genap TP 2023/2024 | Unsur pimpinan | WKM | Juni 2023 | |
7 | Penyusunan kelengkapan administrasi guru | Membuat seperangkat kelengkapan administrasi guru: Daftar nilai, daftar hadir, agenda mengajar, buku piket, buku izin siswa, buku catatan | Tersedianya lengkapan adminitrasi | Tersusunnya seperangkat lkelengkapan guru | Staff kurukulum, OB | WKM | Juli 2023 | |
8 | pengumpulan perangkat pembelajaran guru | Mengumpulkan perangkat pembelajaran guru | Tersedianya kelengkapan pembelajaran guru | Tersusunya perangkat pembelajaran guru | Guru | WKM | Juli -Agustus 2023 | |
9 | Pengadaan Buku Pemerintah dan Buku Pendamping | Kegiatan pengadaan buku teks pelajaran / buku guru dan buku siswa (pemerintah), buku non teks pelajaran, modul pembelajaran | Untuk memastikan semua peserta didik dapat menggunakan sumber belajar / buku teks dan atau buku pendamping yang sesuai baik secara kualitas maupun kuantitas | Adanya buku teks pelajaran, non teks dan modul pembelajaran yang digunakan oleh peserta didik dalam proses pencapaian kompetensi | WKM, Ketua MGMP, dan guru mata pelajaran | Kepala Sekolah | Juli 2023 | |
10 | Pemantauan, Monitoring, dan evaluasi Proses Pembelajaran | Supervisi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran | Untuk mengetahui kualitasimplementasi pembelajaran guru dalam rangka melakukan tindakan berbaikan secara berkelanjutan | Adanya dokumen hasil supervisi dan evaluasi guru | Kepala Sekolah dan tim supervisi | Kepala Sekolah | September 2023 dan Maret 2024 | |
11 | Workshop tentang Penyusunan perngkat pembelajaran dan kurikulum merdeka | Pelatihan bagi guru Mts Negeri 30 Jakartaterkait dengan penyusunan perangkat pembelajatan sesuai dengan kurikulum merdeka | Untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran sesuai dengan kurikumum merdeka | Tersusunya perangkat pembelajaran sesuai dengan kurikulum merdeka | guru | Kepala Sekolah | Desember 2023 | |
12 | Implementasi P5 | Mengadakan kegiatan sesuai dengan tujuan P5 (project penguatan profil pelajar pancasila | Projek tersebut dilakukan dengan menanamkan karakter pada pribadi peserta didik berdasarkan nilai-nilai pancasila. | Terlaksannya kegiatan yang sesuai dengan P5 | Guru,siswa | WKM | November 2023 | |
13 | ANBK | Pelakasanan ANBK | Terlakasannya ujian untuk mengukur kemapmpuan tingkat sekolah dalam literasi dan numerasi | Tercapainya nilai diatas KKM | Guru,siswa | WKM | Agustus | |
14 | Asesmen tengah semester | Pelakasanaan Asesmen tengah semester yang dilakukan denga SOP madrasah | Kegiatan Asesmen tengan semester dengan lancar dan baik Dengan peolehan siswa yang bisa terukur | Evaluasi tercapainya kompetisi siswa | Siswa, guru | WKM | September | |
15 | Asesmen akhir Semester | Pelakasanaan Asesmen tengah semester yang dilakukan denga SOP madrasah | Kegiatan Asesmen tengan semester dengan lancar dan baik Dengan peolehan siswa yang bisa terukur | Evaluasi tercapainya kompetisi siswa | Siswa, guru | WKM | November | |
16 | Asesmen tengan semester genap | Pelakasanaan Asesmen tengah semester yang dilakukan denga SOP madrasah | Kegiatan Asesmen tengan semester dengan lancar dan baik Dengan peolehan siswa yang bisa terukur | Evaluasi tercapainya kompetisi siswa | Siswa, guru | WKM | Maret | |
17 | Asesmen Akhir semester | Pelakasanaan Asesmen tengah semester yang dilakukan denga SOP madrasah | Kegiatan Asesmen tengan semester dengan lancar dan baik Dengan peolehan siswa yang bisa terukur | Evaluasi tercapainya kompetisi siswa | Siswa, guru | WKM | November | |
18 | Ujian Praktek | Pelakasanaan Asesmen tengah semester yang dilakukan denga SOP madrasah | Kegiatan Asesmen tengan semester dengan lancar dan baik Dengan peolehan siswa yang bisa terukur | Evaluasi tercapainya kompetisi siswa | Siswa, guru | WKM | Maret | |
19 | Assesment Madrasah | Pelakasanaan Asesmen tengah semester yang dilakukan denga SOP madrasah | Kegiatan Asesmen tengan semester dengan lancar dan baik Dengan peolehan siswa yang bisa terukur | Evaluasi tercapainya kompetisi siswa dalam bidang akademik | Siswa, guru | WKM | April | |
20 | Program penunjang ANBK ( PAS 7) | Pelakasanaan pembinaan literasi dan numerasi | Mewujudkan kemampuan yang baik bagi siswa dalam memcahkan soal-soal dalam bentuk literasi dan numerasi | Tercapainya kemampuan siswa dalam soal-soal numerasi dan literasi | Siswa dan guru | Wakil | Mei | |
21 | Program sekolah lanjutan | Mengadakan bimbingan dan pembinaan untuk siswa-siswa yang melanjutkan ke sekolah-sekolah unggulan | Tercapianya siswa -siswa yang berhasil melanjutkan ke sekolah unggulan | Banyak siswa yang di terima di sekolah unggulan | Siswa dan guru | Wakil | Januari-Februari | |
22 | Program Kelas tahfidz | Mengadakan Camp untuk siswa kelas tahfids | Memaksimalkan kemampuan sisw a di kelas tahfidz | Siswa hafal minimal 2juz sesuai target setiap semester | Siswa dan guru | Wakil | Januari | |
23 | Program kelas matematika | Mengadakan Camp untuk siswa kelas matematika | Memaksimalkan kemampuan sisw a di kelas matematika | Siswa mampu memecah soal soal olypiade, KSM | Siswa dan guru | WKM | Maret | |
24 | Program kelas IPA | Mengadakan Camp untuk siswa kelas IPA | Memaksimalkan kemampuan sisw a di kelas IPA | Siswa mampu memecah soal soal olypiade, KSM | Siswa dan guru | WKM | Maret | |
25 | Program kelas Bahasa inggris | Mengadakan Camp untuk siswa kelas bahasa | Memaksimalkan kemampuan komunikasi siiwa pengayaan bahasa inggris dalam kehidupan sehari hari | Tercapainya siswa yang mamu berkomunikasi bahasa inggris secara sederhana dalam kehidupan sehari-hari | Siswa, guru | WKM | November 2023 | |
26 | Program kelas Research | Mengadakan camp untuk siswa siswa yang akan melakukuan peelitian | Menghasilkan beberapa proposal penilitian yang hasilkan oleh siswa | Tersusunnya proposal penilitian dengan baik | Siswa, guru | Wakil | Januari 2024 |